Bahaya Minuman Bersoda Bagi Ginjal

Bahaya Minuman Bersoda Bagi Ginjal Yang Harus Anda Ketahui

Perlu anda ketahui, dibalik sensai segar dan nikmatnya softdrink ternyata bahaya minuman bersoda bagi ginjal benar adanya. Anda harus lebih waspada dan jangan terlalu sering mengkonsumsi minuman bersoda.

Bahaya Minuman Bersoda Bagi Ginjal

Waspadalah karena dalam beberapa minuman bersoda mengandung kadar sodium yang tinggi. Apabila tubuh terlalu tinggi mengkonsumsi sodium akan menyebabkan penurunan fungsi ginjal dalam menyaring zat-zat yang tidak diperlukan tubuh. Dampaknya, tubuh akan menyimpan terlalu banyak racun didalam darah. Semakin lama ini akan menyebabkan penyakit ginjal kronis dan tentunya membahayakan kesehatan.

Berikut ini adalah kandungan-kandungan yang menjadi penyebab bahaya minuman bersoda bagi ginjal, diantaranya :

  • Asam Fosfat – Asam Fosfat bisa menimbulkan terbentuknya batu ginjal. Asam fosfat akan mengikat jenis mineral lain seperti kalsium dan mengendapkannya di ginjal.
  • Sodium – Bahaya sodium yang berlebih adalah memicu kerusakan ginjal, dan penyakit komplikasi lain seperti jantung, tekanan darah tinggi, serta stroke
  • Pemanis Buatan – Minuman bersoda menggunakan pemanis buatan, yang kurang baik bagi kesehatan ginjal, juga kesehatan tubuh.
  • Kafein – Terdapat juga kandungan kafein dalam soda, yang akibatnya akan menaikkan tekanan darah. Ini juga bukan hal yang menyehatkan bagi ginjal.
  • Fruktosa tinggi – Fruktosa yang terkandung dalam soda mempunyai kandungan kalori tinggi. Ini juga tak sehat bagi ginjal dan tekanan darah Anda.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli pada tahun 2008 yang diterbitkan dalam “Epidemiologi,” orang yang minum dua atau lebih minuman soda per hari, akan dua kali lebih mungkin memiliki penyakit ginjal kronis dibandingkan mereka yang tidak. Penelitian ini, juga menunjukkan bahwa minuman ringan non-cola, seperti soda berkarbonasi yang tidak memiliki rasa cola, tidak mengakibatkan peningkatan risiko penyakit ginjal.

Bahaya Minuman Bersoda Bagi Ginjal dan Kesehatan Lainnya

Selain sangat berbahaya bagi kesehatan ginjal, ternyata minuman bersoda juga dapat berdampak buruk untuk kesehatan tubuh lainnya, seperti :

Resiko Terkena Diabetes Semakin Tinggi

Seperti kita ketahui, penderita diabetes (penyakit gula) sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi gula. Hal ini karena hormon insulin yang ada di dalam tubuhnya tidak cukup, bahkan tidak sanggup untuk mengubah zat gula tersebut menjadi gula otot (glikogen). Akibatnya, gula darah (glukosa) akan meningkat dan membahayakan.

Meningkatkan Resiko Terkena Kanker Pankreas

Dalam suatu penelitian di Amerika Serikat, kandungan minuman bersoda dipercaya sebagai salah satu pemicu timbulnya kanker pankreas. Dalam penelitian tersebut, 87% responden yang minimal mengonsumsi minuman bersoda 2 kali sehari mengalami peningkatan risiko kanker pankreas.

Sangat Rentan Obesitas

Minuman bersoda kaya akan kalori. Kalori yang masuk ke dalam tubuh bisa meningkatkan risiko obesitas. Tak hanya bagi orang yang sudah dewasa, anak-anak bisa menderita obesitas.

Dapat Mengakibatkan Tulang Keropos

Salah satu kandungan minuman bersoda adalah asam fosfat. Dalam suatu penelititan, asam fosfat ini bisa menyebabkan penyakit kerapuhan tulang. Hal ini karena asam fosfat bisa melarutkan kalsium yang ada di dalam tulang. Akibatnya, tulang menjadi rapuh dan keropos.

mungkin itu sebagian kecil dari bahaya minuman bersoda bagi ginjal dan kesehatan tubuh lainnya, semoga bermanfaat dan bisa memberikan pencerahan untuk anda agar bisa lebih waspada lagi dalam memilih makanan atau minuman.

REKOMENDASI

Kami akan memberikan rekomendasi untuk anda yang sedang menderita penyakit ginjal untuk melakukan pengobatan dengan menggunakan ramuan tradisional bernama QnC jelly Gamat yang dibuat dari 100% bahan alami yakni berbahan dasar dari hewan laut bernama teripang. Sangat luar biasa dalam membantu mengobati berbagai jenis penyakit kronis maupun non kronis.

Bahaya Minuman Bersoda Bagi Ginjal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *